THE GREAT AMERICAN FREEDOM MACHINE

FAST JOHNNIE & HIGHWAY KING - OUTCULT.ID

TEKS: @wrabakti | PHOTO: Eksklusif

TAKE A TRIP DOWN MEMORY LANE

Harley Davidson sebagai brand motor legendaris tidak bisa dipungkiri memiliki sejarah yang panjang dari sejak awal berdiri sampai saat ini. Tanpa harus berusaha keras, posisi HD sebagai brand yang mempunyai pesona dan awareness tinggi di kalangan penikmat motor. Tetapi beberapa tahun belakangan ini HD seakan dituntut untuk bisa berinovasi khususnya di area pengembangan teknologi. Hal ini diupayakan untuk bisa keep up dengan trend dan tentu saja profil market mereka yang mau tidak mau juga ikut berkembang. Generasi yang lebih muda tentu saja menginginkan kemudahan dan feature-feature canggih di motor mereka. Dan HDMC (Harley Davidson Motor Company) menyadari pentingnya untuk ber-evolusi dibandingkan berdiam menjadi dinosaurus. Sebut saja dengan dirilisnya mesin tipe M8 (Milwaukee Eight), tipe Dyna yang saat ini menggunakan chassis Softail, tipe adventure Pan America, atau Sportster S yang berubah total dari tipe Sportster pendahulunya, bahkan juga ikut meramaikan dunia EV dengan Project Livewire.

Sementara segala gebrakan dan inovasi teknologi tersebut mendapatkan sambutan hangat di kalangan pecinta roda dua, tetapi tidak sedikit pula mendapatkan penolakan keras dari die hard customer mereka yang masih sangat menjunjung tinggi image Harley old school dan identik sebagai freedom machine khas Amerika. Menyadari hal tersebut, untuk MY2023 mereka pun merilis Fast Johnnie Collection yang dirilis terbatas dan terdiri dari tiga tipe, Street Glide & Road Glide dari keluarga bagger dan tipe Low Rider. Fast Johnnie Collection, mangangkat tema legendary American speed culture di era muscle car taun 60-70an. Di era keemasan muscle car itu, memiliki kendaraan yang cepat untuk turun balap di jalanan atau local speedway menjadi kebudayaan yang sangat identik dan dicintai masyarakat Amerika, bahkan sampai saat ini. Terlihat jelas dari paint scheme yang terinpirasi dari 1965 Mustang Shelby GT350 berwarna biru dengan aksen race stripe putih yang mempertegas bahwa rilisan ini siap dibawa ugal-ugalan. 
Rilisan lainnya yang ga kalah keren adalah Electra Glide Highway King yang juga dirilis secara terbatas, mengambil siluet eksotis dari Electra Glide taun 1968, Harley Davidson seakan ingin mengajak para pengendara untuk menikmati cruising down the highway bersama salah satu motor klasik kebanggaan Amerika. Memadukan design ikonik dari FLH Electra Glide yang aslinya menggunakan mesin shovelhead yang legendaris dengan teknologi modern. Setelah sebelumnya sempat sukses dengan diluncurkannya Electra Glide Revival di taun 2021, HDMC melihat peluang untuk mengulangi kesuksesan tersebut sambil memanjakan golongan pengendara Harley yang mencintai Harley Davidson karena classic look-nya. Salah satu perbedaan yang mencolok antara model Revival dan Highway King bisa dilihat di tampilan fisiknya. Apabila Revival menggunakan fairing khas tipe FLH taun 70an, maka di tipe Highway King menggunakan full Plexiglas windshield seperti yang digunakan pada tipe early FL & FLH.

At the end of the day, Harley Davidson memiliki tantangan besar sebagai brand untuk bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan trend pasar modern, tetapi juga tidak lepas dari tuntutan untuk menjaga Harley yang klasik dan legendaris seperti yang banyak dikenal orang. Bukan hal yang mudah memang, tetapi juga bukan hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Walaupun itu berarti "mengorbankan" satu-dua hal, dan harus sedikit terjerumus dalam prosesnya. Tetapi selama Harley Davidson masih memiliki visi yang sama seperti di awal berdirinya, rasanya popularitas HD masih akan terus berkibar dan tetap dikenal sebagai the one and only "American Freedom Machine".


100 ++ Handcrafted product for OUTCULT TRIBE!

AI Website Creator